Renungan Pemulihan dari Trauma

Rekonstruksi

Yesaya 30:18-26

Kasihanilah aku, ya Allah, kasihanilah aku, sebab kepada-Mulah jiwaku berlindung; dalam naungan sayap-Mu aku akan berlindung, sampai berlalu penghancuran itu.(Mzm 57:2)

Sebut saja namanya Nita. Ia adalah seorang gadis yang begitu pendiam. Tak disangka ternyata ia merupakan korban pelecehan seksual ketika masih kecil. Begitulah ia terus memendam kemarahannya bertahun-tahun, sehingga kepahitannya sangat mendalam.

Sering kita berpikir, “dimana Allah ketika persitiwa buruk itu terjadi?, Mengapa aku yang mengalami? Ini bukanlah kehidupan yang kupilih!”. Kita semua tidak mengetahui apa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu. Namun Yesus lebih tahu jauh melebihi segala sesuatu (Yes 55:8-9). Manusia menimbang-nimbang dalam hati tetapi jawaban ada dalam Tuhan (Ams 16:1).

Kita perlu memandang sesuatu yang buruk itu dari kacamata Tuhan. Kita akan dibebaskan dari tirani-tirani masa lalu. Kita berdoa meminta Yesus untuk mengembalikan kita pada saat peristiwa itu terjadi.  Meminta Yesus hadir dalam peristiwa itu. Kita mencurahkan perasaan-perasaan sakit kita dihadapan-Nya (Maz 62:8). Mengampuni setiap orang yang bersangkutan, dan meminta Tuhan mengangkat trauma dari roh, jiwa dan tubuh.

Iblis bisa menanamkan segala tipu muslihat dalam setiap trauma kita. Dengan otoritas Yesus Kristus kita mampu memerintahkannya untuk meninggalkan hidup kita dengan segala pengaruh negatifnya. Minta kasih karunia Tuhan untuk membersihkan hati, pikiran dan perasaan kita. Yesus Sang penyembuh jiwa mampu merekonstruksi peristiwa itu dan memperbaharui-Nya. Memulihkan emosi-emosi jiwa yang sudah rusak dengan kasih-Nya. Tuhan tidak akan membiarkan kita terus menangis (ay. 19). Saudaraku, ijinkan Yesus membalut luka dan menyembuhkan bekas-bekas pukulan. (Vic)

Posted on 07/10/2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: