Renungan: Kolose 1:1-18

Gereja yang kita pahami disini lebih luas dari denominasi, gereja disini adalah tubuh Kristus dan semua kita adalah anggota tubuh kristus. Makna ini sangat dalam contoh jika hidup kita ini adalah potongan puzzle maka pada waktu kita tidak hadir maka puzzle itu tidak akan pernah sempurna. Apapun pelayanan kita kita adalah satu tubuh sehingga yang khotbah tidak lebih penting dari Worship Leader dan seterusnya. Malah jika ada yang lemah dalam tubuh kita harus kita rawat secara ekstra, jika ada hal-hal yang luka dalam diri kita justru harus diperhatikan serius. Sehingga didalam tubuh Kristus bukan saling menyalahkan atau saling menghakimi karena kita sadar bahwa kita satu kesatuan.

Menjadi satu keluarga yang baik tercermin lewat kebersamaan yang utuh. Dalam keluarga yang harmonis terjadi saling menolong, saling memperhatikan, saling mengangkat, saling memberi harapan, saling mendorong bahkan saling menegur satu dengan yang lain demi kemajuan keluarga tersebut. Yang membuat unik di dalam keanggotaan gereja atau tubuh Kristus adalah kita hanya sebagai anggota, Yesuslah kepala dari semuanya, sehingga semua harus terarah kepadaNya.

Mari kita saling memperhatikan satu dengan yang lain di dalam tubuh Kristus, kita memperhatikan sebagai wujud kebersamaan di dalam keluarga Kristus. Sehingga akan timbul keterbukaan, empati, menanggung beban dan pergumulan bersama-sama saling bertanggung jawab karena kita pasti tidak dapat tumbuh sendiri. Kita butuh anggota tubuh yang lain. Tangan tidak mungkin mengatakan dia akan panjang sendiri tanpa diikuti yang lain karena jika demikian dia akan kelihatan lain dan ganjil, namun jika bertumbuh bersama dengan seimbang maka akan terbentuk tubuh yang ideal. (oleh Pdt. Jonedi Ginting, M.A)

Posted on 04/06/2009, in Renungan and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: