Menjadi saksi kuasa Tuhan – relawan

Salah satu korban erupsi merapi namun kemudian bersama-sama menjadi relawan adalah Bapak Faisal (chef di Sambi Resto, Pakem). Ia menceritakan pengalamannya. Ketika hari Kamis tengah malam terjadi gempa, hujan abu dan suara gemuruh, saya dan dua orang keponakan menganggap sebagai hal biasa. Namun kekagetan terjadi manakala kami melihat keluar, kampung di mana kami tinggal telah sepi tak berpenghuni. Kami bertiga kebingungan, listrik padam, lilin terbatas, komunikasi terputus, ingin lari tapi tak tahu arah pasti. Kami pasrah sambil tetap berdoa agar bisa tetap hidup. Jam 02.00 malam, aroma belerang melengkapi ketakutan kami. Dalam kepasrahan kami berdoa “Tuhan, biarkan kami hidup dan jadi saksi atas kuasaMu, bahwa manusia tidak bisa berbuat apa-apa bila Tuhan telah berkehendak.” Dalam penantian itu, saya sempat menorehkan 7 karya puisi sebagai kenangan tak terlupakan.
Hari jumat, tanggal 5 Nov 2010, jam 13.00, sdr. Feri, Pak Agus dan beberapa teman menjemput kami bertiga). Saya merasa seperti penghuni terakhir merapi. Sepanjang jalan menuju kota Jogja saya melihat dahan-dahan pohon yang tertunduk menahan beban abu Merapi, jalan yang tertutup abu.
Ketika pada hari Minggu, tanggal 7 Nov, saya ditawari untuk ikut jadi relawan di Duta Pembaharuan, saya ragu karena perbedaan keyakinan iman. Namun perasaan itu sirna seiring berjalan waktu dan ketulusan teman-teman DP, kami bersama-sama menolong tanpa ada perbedaan. Saya senang karena bisa menolong membuat makanan yang dikirim untuk pengungsi dan relawan, juga memijat. Dari peristiwa erupsi Merapi saya mendapatkan pelayanan: kuasa Tuhan, rasa solidaritas, kebersamaan meski berbeda keyakinan. Dalam kesempatan ini saya ingin berterima kasih kepada Duta Pembaharuan, Gereja dan rekan-rekan seperjuangan di Duta Pembaharuan. Tuhan memberkati kita semua (Faisal).

Posted on 16/12/2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

